Jumat, 11 Maret 2011

PEMBELAHAN SEL SECARA MITOSIS

BAB II
PEMBAHASAN

Semua organisme eukariotik yang berkembang biak secara seksual tergantung dari reproduksi sel. Hal ini karena zigot yang terbentuk berasal dari sel telur yang dibuahi oleh sel sperma. Zigot yang bersel tunggal harus mengalami pembelahan atau reproduksi untuk mencapai ukuran tertentu. Bagaimanakah caranya?
Pada dasarnya, pembelahan sel dibedakan menjadi 2 macam, yaitu pembelahan sel secara langsung dan secara tak langsung. Pembelahan sel secara langsung jika proses pembelahan tidak didahului dengan pembentukan gelondong pembelahan dan penampakan kromosom. Adapun pembelahan sel secara tak langsung jika proses pembelahan didahului dengan pembentukan gelondong pembelahan dan penampakan kromosom. Pembelahan sel secara langsung disebut amitosis, sedangkan pembelahan secara tidak langsung meliputi pembelahan mitosis dan pembelahan meiosis.
Pembelahan amitosis terjadi pada bakteri, Protozoa, dan ganggang bersel satu. Proses pembelahan ini tidak melalui tahapan-tahapan pembelahan. Satu sel induk akan membelah secara langsung menjadi dua, dua menjadi empat, empat menjadi delapan, dan seterusnya hingga sel tersebut bertambah banyak. Proses pembelahan langsung didahului oleh pembelahan inti menjadi dua, diikuti oleh pembelahan sitoplasma dan akhirnya sel terbagi menjadi dua sel anak.
Proses pembelahan mitosis terjadi pada semua sel tubuh makhluk hidup, kecuali pada gonad (sel kelamin) yang menghasilkan sel kelamin. Pembelahan ini menyebabkan terjadinya proses pertumbuhan dan perkembangan jaringan dan organ tubuh makhluk hidup.

1.      Pengertian Pembelahan Mitosis
   Pembelahan mitosis merupakan pembelahan sel yang terjadi apabila sel anak mempunyai jumlah kromosom sama dengan jumlah kromosom induknya Atau dapat juga di artikan Pembelahan Mitosis adalah pembagian Genom yang telah di gandakan oleh sel ke dua sel identik yang di hasilkan oleh pembelahan sel.Fase-fase pembelahan mitosis adalah profase, metafase, anafase, dan telofase. Dalam sekali membelah terdapat interfase. Selama interfase tidak tampak adanya struktur kromosom .Namun umumnya Mitosis juga di ikuti Sitokenesis yang membagi sitoplasma dan membran sel.Proses ini menghasilkan dua sel yang identik yang memiliki distribusi organel dan komponen sel yang nyaris sama.

2.      Tahap Tahap pembelahan Sel secara Mitosis
a.      Profase
Hal hal yang terjadi pada profase adalah sebagai berikut :
·        Nukleolus yang tidak dapat lagi dilihat
·        Sentriol yang membelah menjadi dua
·        Benang kromatin memendek dan menebal membentuk kromosom. Setiap kromosom melakukan duplikasi menjadi kromatid(anakan).Ada sepasang kromatid yang saling berlekatan pada bangunan tertentu yang di sebut sentromer.
·        Membran Nukleus yang sudah tidak kelihatan lagi
·        Sentriol yang membentuk benang benang spindle(gelendong pembelahan)

b.      Metafase
·        Masing masing kromosom dengan 2 lengan kromatid mengatur diri atau menuju bidang ekuator(bidang pembelahan) yang berjarak sama dari kedua kutub.

c.       Anafase
·        Pada fase ini kedua kromatid berpisah
·        Masing masing kromosom bergerak menuju kearah kutub yang berlawanan.

d.      Telofase
·        Kromosom berubah menjadi benang benang kromatin
·        Membran nukleus yang kembali muncul atau kelihatan
·        Terbentuknya lekukan membran sel pada zona equator
·        Kromosom yang sudah tidak dapat lagi di lihat

e.      Sitokenesis
Kalau mitosis merupakan reproduksi kromosom maka setelah nukleus terbentuk dan kelihatan lagi terjadilah sekat pemisah antara kedua nukleus tersebut yang letaknya pada bidang equator.Dengan terbentuknya sekat pemisah yang di mulai dari membran tersebut menuju ketengah maka sel induk kini telah menghasilkan dua sel anakan yang mana peristiwa ini di sebut dengan Sitokenesis(Reproduksi Sel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar